Sosialisasi

Sosialisasi ke Pasar Tradisional dalam rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng melakukan sosialisasi tentang tata cara pemilihan umum pada 9 April 2014 mendatang kepada masyarakat di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Buleleng dalam rentang waktu 26 hingga 28 Maret 2014.

Seperti dicanangkan KPU RI bahwa target partisipasi pemilih secara nasional pada Pemilu Tahun 2014 adalah sebesar 75%. Hal ini kemudian mendasari KPU Buleleng dibantu oleh Relawan Demokrasi (Relasi) yang telah dibentuk sebelumnya untuk gencar melakukan sosialisasi.

Dipilihnya pasar tradisional seperti Pasar Banyuasri, Pasar Anyar, dan Pasar Seririt mengingat di tempat tersebut terdapat aktifitas masyarakat yang cukup ramai, dan kemungkinan akan menjadi tepat menemui mereka disela kesibukannya beraktifitas di dalam pasar tradisional untuk menyampaikan sosialisasi tentang Pemilu.

KPU secara khusus menyiapkan Si Kora yang merupakan maskot Pemilu Tahun 2014 dan juga sebuah mobil pick-up yang telah dihias dengan spanduk berisikan slogan-slogan ajakan memilih beserta perangkat pengeras suara untuk secara langsung menyampaikan pesan-pesan sosialisasi. Disamping itu disebar juga selebaran berupa flyer yang berisi informasi mengenai Partai Peserta Pemilu.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KPU Buleleng Gede Sutrawan, S.Sn. mengatakan sasaran sosialisasi ini adalah kalangan pedagang pasar tradisonal dan pembeli yang kebetulan berada ditempat tersebut.

 “Tujuan kami agar masyarakat semakin ingat tentang hari dan tanggal dilaksanakannya Pemilu Tahun 2014 disamping teknis tata cara pencoblosan dengan menunjukkan contoh surat suara secara langsung pada saat sosialisasi”, kata Gede Sutrawan.

“Sosialisasi di pasar tradisional menjadi penting karena merupakan tempat berkumpulnya sebagian besar masyarakat dimana mungkin saja terdapat didalamnya masyarakat yang belum mendapatkan sosialiasi tentang Pemilu Tahun 2014 yang telah dilakukan melalui media cetak dan elektronik lainnya. Hal inilah yang kami mau optimalkan dalam menyampaikan pesan-pesan kepemiluan bagi masyarakat”, tambahnya.

Masyarakat umumnya merasa senang karena adanya kegiatan ini, karena merasa semakin diingatkan dan mendapatkan informasi lebih mengenai pentingnya menggunakan hak pilih pada Pemilu 9 April 2014 nanti.

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 693 kali